Kami membuat wordpress dengan tema ” Obyek wisata di Semarang ” karena temanya cukup mudah bagi kami, dan juga agar orang tahu obyek-obyek wisata keseluruhan yang ada di Semarang. Karena Semarang sering dilihat atau dipandang orang tidak memiliki tempat wisata , namun sebenarnya Semarang mempunyai banyak tempat-tempat yang cocok untuk berwisata keluarga. Jadi, wordpress ini kami buat agar tahu isi Semarang .

Refleksi dalam wordpress ini kami menyimpulkan , wordpress  cukup susah-susah gampang dibuatnya. Karena saat mendaftar untuk masuk wordpress sangat membingungkan.

Banyak kendala- kendala yang sulit juga, seperti membuat widget , dalam pembuatan widget kita harus mencari apa yang kita inginkan seperti clock, calender dan lain sebagainya. Kami sudah semaksimal mungkin membuat widget seperti pada wordpress kami, yaitu clock dan calender. Untung kami mencari-cari cara agar dapat terpasangnya kedalam tampilan wordpress.

Karena bagi kami wordpress cukup asing dan jarang orang yang banyak menggunakan atau membuat wordpress, mungkin bagi kami begitu. Namun ternyata ada sisi yang lumayan mudah dari  cara memposting ketika sudah masuk kedalam wordpress . Namun setelah usaha yang kami lakukan, dari bantuan guru, dan teman-teman kami juga akhirnya tugas ini selesai juga, dan siap ditampilkan saat ujian praktik. Mungkin tugas kami sudah lebih dari cukup untuk mengisi nilai ujian praktik nanti. Dari pengalaman membuat wordpress ini, mungkin juga bisa membantu belajar agar bisa mengetahui isi wordpress. Kita mempelajari sesuatu yang baru itu bagi kamu nggak ada ruginya , tetapi malah menambah pengalaman yang kita “tidak bisa” menjadi “mengerti dan bisa”, kamipun menjadi lebih tahu dan wawasan kami menjadi lebih luas.

Demikianlah refleksi kami, dalam menghadapi tugas ujian praktik ini kami juga mencurahkan pikiran , tenaga, dan juga niat untuk bisa selesaikan tugas. Namun, puji Tuhan tugas kami terselesaikan dan kami berterimakasih pada teman-teman, dan bimbingan guru  kami yang telah membantu yang kurang kita mengerti.